HOME > 手紙を読む > リズキ・ムルヤニ(2)

16-Sep-2016 kepada Jepang dari Rizki

日本のみなさん、こんにちは! お元気ですか?
私はリズキ・ムリヤニ。現在、アチェにあるアル・ラニリ国立イスラム大学で行政学を学んでいる19歳です。こちらは元気にしています。
いま私は、研究論文を書き始めているんですよ。それがどんなに難しいか、知っていますか? 論文提出が遅れただけで、大学が卒業できなくなってしまうほどなのです。でも、きっとみなさんだったら、ちゃんと締め切りまでに論文を完成させることができると、信じています。いつもがんばっている、みなさんだから…(^^)。

そちらのお天気はいかがですか?
アチェは、すごく悪いということでもないけど、ここ1ヶ月半くらいずっと雨ばかりです。雨なので、大学の授業もずっとお休み(学校サボり)。理由はもちろん「雨」だからです。でも、授業をサボるのって楽しいけど、退屈な時もありますよね。また、こんな風にずっと学校を休んでいたら、いい成績がもらえないんじゃないかとも思うし…。きっと、日本のみなさんも、私のことなまけものだと思うわよね?

それに、こんな風に学校をサボっていたら、だんだん母の顔が浮かんできて。私って本当にダメだなぁ、申し訳なかったなぁっと気づいたんです。あの津波で父をなくして、その後、母が苦労しながら私の大学の学費を工面してくれたのに……。いったい私は何をしているの? なんて悪い子なの? だから、もう二度としないと誓いました。

みなさんは夢を持っていますか?
私にはまだ叶えられていないたくさんの夢があります。いつか、みなさんとお会いできた時に、どんな夢が実現したかお話しできるよう、今から私も、その夢に向ってがんばっていきます。
でも今回、ちょっとだけお伝えできることがあるんですよ。実は、日本語と英語がだいぶ話せるようになりました。最初、英語が嫌いだったのですが、そのおかげで日本語も勉強するようになったのです。もう私の夢の半分が実現したのと同じと思うでしょ? ホント、その通りなんです (^^)。

そして、いつか…。みなさんから、手紙のお返事をいただけたらいいなぁっと思っています。日本での楽しい日々の話もしてくれたら嬉しいです。

みなさんの夢も、必ず叶うと信じています。きっと自分の夢に向かって確実に歩まれるのではないかしら。そこで今日は、夢に近づくための秘訣、できるだけ上手に時間を使う方法を、お伝えしますね。ぜひみなさんも試してみて!
まずは、少しでも時間があったら、自分のために微笑んでみましょう。そして、「今日はベストを尽くした。だから明日もベストを尽くそう」と自分に言い聞かせてみて。でも、泣きたいときは、泣いてもいいのよ。だって、涙は人をもっと強くさせるから。

そして、少しでもチャンスがあったら、大切な人にこの言葉を使ってみましょう。「ありがとう」「ごめんなさい」「大好きです」──。この3つの言葉は、人を嬉しくさせる言葉なのです。
では、私からみなさんに伝えてみますね。
「ありがとう」 この手紙を読んでくれて。
「ごめんなさい」 みなさんにいまだ悩みや問題が残るなか、そばにいられなくて。私たちはお互いに遠い国にいるけれど、私はいつもみなさんが元気でいることをお祈りしています。
「大好きです」 みなさんのこと、自分の家族のように大切に想っています。

ほら、私はもう始めましたよ。だから、みなさんもぜひ大切な人に、この言葉を伝えてみて。例えば、お父さん、お母さん、兄弟姉妹、そして親友などに。だって、この言葉はとっても不思議な魔法の言葉! 世界のどんな人も喜びにする「ミラクル・ワード」なのだから。そう思っています(^^)。

それでは、またね。
この手紙がみなさんの心に届きますように。

 

→リズキからの1通目の手紙を読む

Hai teman-teman dan adik-adik. Bagaimana kabar kalian di sana?
Saya (Rizki Mulyani, usiaku 19 tahun) di sini baik-baik saja. Saya kuliah di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh, fakultas Administrasi Negara.
Oh ya sekarang saya sudah mulai membuat tulisan ilmiah lho, kalian tahu tidak betapa sulitnya itu, terkadang dengan tulisan ilmiah itu bisa menghambat kalian lulus dari universitas jika kalian telat menyelesaikannya. Tapi saya yakin kalian pasti bisa menyelesaikannya dengan tepat waktu, karena saya tahu kalian merupakan anak-anak yang pintar(^^)

 

Bagaimana cuaca di sana ?
Cuaca di sini tidak terlalu buruk, hampir satu setengah bulan di sini selalu hujan, bahkan karena hujan saya selalu libur (tidak pergi) kuliah, alasan saya pasti karena hujan. Terkadang melakukan hal seperti itu menyenangkan. Tapi kadang juga membosankan. Karena saya berpikir kalau saya libur terus seperti ini maka saya tidak akan mendapatkan nilai yang baik. Pasti teman-teman di sana berpikir saya malas sekali pergi sekolah ?

 

Terkadang melakukan hal seperti itu membuat saya menyadari betapa menyedihkan saya, tapi sekarang saya tidak ingin melakukan hal itu lagi, karena sekarang ketika saya melakukan itu saya teringat ibu yang susah payah mencari uang untuk membiayai kuliah saya, (waktu tsunami saya kehilangan ayah saya), bukankah saya terlihat seperti anak yang nakal? Saya pun berpikir seperti itu.

 

Apakah teman-teman dan adik-adik di sana mempuyai mimpi yang belum tercapai?
Saya punya banyak mimpi yang belum tercapai, dan mulai dari sekarang saya ingin mewujudkan mimpi itu agar suatu saat nanti saya bisa bertemu dengan kalian dan menceritakan mimpi apa saja yang sudah saya raih.
Tapi kali ini mimpi yang sudah tercapai adalah saya bisa berbicara bahasa Jepang dan Inggris meskipun bahasa Inggris awalnya saya sangat membenci itu. Membenci bahasa Inggris membuat saya belajar bahasa Jepang. Bukankah kalian berpikir setengah dari mimpi saya terwujud(^^) Iya kalian benar sekali.

 

Suatu saat nanti saya berharap kalian dapat membalas surat dari saya dan kalian dapat mencerita hal yang menyenangkan yang kalian lakukan di sana.

 

Saya yakin kalian pasti bisa mewujudkan mimpi kalian dan bahkan kalian bisa melakukan hal itu lebih baik dari saya. Jadi teman-teman dan adik-adik semua manfaatkanlah waktu dengan sebaik mungkin.
Jika kalian ada waktu tersenyumlah untuk diri kalian sendiri. Dan katakan dalam diri kalian bahwa hari ini aku sudah melakukan yang terbaik maka hari selanjutnya aku akan melakukan yang terbaik. Dan jika kalian ingin menangis maka menangislah karena menangis itu dapat membuat kalian lebih baik.

 

Jika kalian ada waktu maka katakanlah perkataan ini kepada orang yang kalian sayangi “terima kasih, maafkan aku, aku menyayangi mu” maka dengan tiga kata tersebut akan membuat mereka merasa senang.
Maka aku akan memulainya untuk kalian teman-teman dan adik-adik, terima kasih sudah membaca surat ini, dan maafkan saya saat kalian tengah berada dalam masalah saya tidak berada di sana, meskipun kita semua jauh maka saya akan selalu mendoakan kalian agar baik-baik saja. Dan aku sangat menyayangi kalian semua seperti keluargaku sendiri.

 

Saya sudah memulainya. Maka kalian harus memulainya kepada orang yang kalian sayangi seperti : ibu, ayah, kakak, saudara laki-laki, sahabat dan adik kalian, karena itu merupakan perkataan yang sangat ajaib. I think it's a miracle word for other people in the world.

 

So see you next time.
I hope this letter may reach your heart.
My wish(^^)